Selasa, 31 Juli 2018

Waspada Terhadap Anti Kristus

1 Yohanes 2:18-27

Pendahuluan
Kita harus waspada dengan berbagmereka meruai munculnya ajaran-ajaran yang mengkalim bahwa mereka merupakan ajaran yang paling benar karena mendapat wahyu dari Tuhan secara langsung atau mendengar suara gaib dan lain sebagainya. Dalam Nats Yohanes mengingatkan bahwa akan muncul para anti Kristus( 1 yohanes 2:18). Siapakah Anti Kristus itu, dan bagaimana cara menghadapi mereka?

1. Identitas Anti kristus
Untuk mengenali Anti Kristus kita harus mengenali ciri ciri mereka. Berdasarkan 1 Yohanes 2:19-27, ciri cirinya adalah sebagai berikut :
         a. Berdasarkan waktu : Anti Kristus padsa waktu yang terakhir/zaman akhir untuk memimpin                 suatu kelompok besar memberontak terhadap Kristus dan ajaranNya (1Yoh 2:18)
          b. Berdasarkan asalnya : Anti Kristus berasal dari antara kita atau seseorang yang pernah                          mengenal ajaran Kristus, dan memungkinkan diputarbalikkan untuk menyerang kita orang                  percaya (1 Yoh 2:19)
          c. Berdasarkan ajarannya : Anti Kristus tidak mengakui kebenaran bahwa Yesus adalah                            Kristus, serta menyangkal Bapa maupun Anak. Hubungan yang digambarkan sebagai                          Trinitas.
Saat ini dalam gereja muncul anti-anti Kristus, orang yang mengaku percaya tetapi sebenarnya lebih memilih hidup dalam dosa dan memutarbalikkan Injil bersama beritanya tentang salib, sehingga menempatkan diri sebagai penentang Kristus dan kebenaranNya.

2. Pengajaran Anti Kristus 
Seorang Anti Kristus merupakan orang yang memberontak terhadap Kristus ddan ajaranNya, oleh karena itu dalam pengajarannya mengandung fakta fakta yang bertolak belakang atau menentang kebenaran Firman Tuhan, antara lain :
a. Para Anti Kristus mengajarkan bahwa Yesus bukan Kristus (1Yoh 2:22)
b. Para Anti Kristus dalam pengajarannya menyangkal kebenaran tentang Bapa dan Anak (1 Yoh            2:22)
c. Para Anti Kristus memberikan pengajaran pengajaran yang menyesatkan iman ke-Kristen-an
   (1Yoh 2:26)

3. Menghadapi Serangan Anti Kristus (1 Yoh 2 :24)
Ada dua hal pokok harus dilakukan oleh orang percaya dalam menghadapi Anti Kristus. Pertama, setiap orang percaya jangan mengasihi dunia dan apa yang ada didalamnya (1 Yoh 2:15). Orang percaya merupakan orang orang pilihan yang dikuduskan (Yun. Hagiasmos) berarti menjadi kudus atau dipisahkan dari dunia, dan dijauhkan dari dosa supaya mempunyai persekutuan yang erat dengan Allah. Kalau orang percaya mengasihi dunia maka ia akan kehilangan kasih Allah.
Kedua, orang percaya harus senantiasa memegang kebenaran akan firman Allah dan tinggal didalamnya. Roh Kudus akan menolong mereka untuk memahami akan kebenaran, sehingga tidak memerlukan pengajaran pengajaran yang bukan bersumber dari firman Allah. Dalam mereka tidak akan mdah disesatkan oleh pengajaran pengajaran diluar kebenaran Firman Allah.
Dalam Yohanes dengan menyatakan kalimat "diajar orang lain" . Sebab para rasul sudah lebih dari cukup memberikan berita kebenaran yang mereka butuhkan.

Penutup
Zaman sudah semakin tua menandakan kedatangan Tuhan sudah semakin dekat. Hal yang harus diwaspadai pada masa masa seperti ini adalah para Anti Kristus, sebab mereka berusaha mematahkan iman dan membelokkan kebenaran firman. Kenalilah mereka dengan tanda tanda yang ada yakni mengenai ajarannya, yang bertentanagan dengan kebenaran yang menyangkal bahwa Yesus itu Kristus dan menyangkal kebenaran Bapa dan Anak. Pakailah kebenaran Alkitab untuk menyangkal berbagai serangan mereka. Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

masukan agar semakin hari bisa menyajikan lebih baik dan lebih bermanfaat