Sabtu, 13 Januari 2018

Makna Dan Hakekat Gereja

                                                                                                                                1 Timotius 3 : 14 - 16

Pendahuluan
Dalam suratnya kepada Timotius, Paulus menyampaikan bahwa gereja memiliki fungsi sebagai tiang penopang dan dasar kebenaran. Apa maksud dari pernyataan Paulus bahwa gereja sebagai tiang penopang dasar kebenaran.

1. Makna tiyang penopang dan dasar kebenaran
Tiang penopang = pilar = penyangga, merupakan sesuatu yang menjadi pokok dalam suatu bangunan.
Misal ada kata-kata tentara yang kaut adalah tiang Negara. Tiang juga berfungsi sebagai penyeimbang. Dasar = sendi = asas = pondasi.
Paulus ingin menunjukkan kepada Timotius bahwa gereja merupakan bagian yang sangat penting bagi Yesus. Karena gereja berfungsi sebagai tiang penyangga dan dasar penahan kebenaran. Kebenaran yang dimaksud adalah rahasia Allah yang dinyatakan dalam Perjanjian Baru mengenai Kristus. Bahwa Yesus adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, karena dalam diriNya lah manusia dapat mengenal Allah. Dialah sebagai kepala tubuh/jemaat, melalui Dialah Allah memperdamaikan segala sesuatu dengan diriNya (Kol 1:15-20). Gereja hendaknya berfungsi untuk menjaga kebenaran ini, tidak hanya menjaga tetapi juga gereja harus menempatkan diri mereka untuk dibentuk dan dipersiapkan menjadi ondasi bangunan kebenaran sebagaimana Petrus, yang memiliki iman keyakin bahwa Yesus adalah Mesias (Mat 6:16). Setiap pribadi orang percaya seharusnya juga, terus menerus membangun iman mereka sehingga gereja tidak akan goyah, atau runtuh tertempa berbagai pencobaan yang datang, karena setiapanggota tubuh/jemaat Kristus memiliki iman yang teguh atas keyakinan kebenaran akan rahasia Allah tersebut.

2. Syarat untuk menjadi tiang penopang dan dasar kebenaran.
Untuk dapat menjadi tiang penopang dan dasar kebenaran maka haruslah memenuhi kualifikasi yang disaratkan. Firman Tuhan menuliskan bahwa syarat gereja dapat menjadi tiang penopang dan dasar kebenaran adalah gereja harus menjalankan perannya hidup sebagaimana keluarga Allah.
Apakah peranan yang harus dijalankan oleh keluarga Allah?
a. Gereja/kita haruslah senantiasmemegang teguh iman percaya kepada Yesus kristus sebagai
    pengharapan sampai akhir.
    " . . . jika kita sampai kepada akhirnya teguh berpegang pada kepercayaan dan pengharapan . . . "
    (Ibr 3:6)
b. Gereja harus menyerahkan dirinya dalam pimpinan Roh Allah. Rom 8:14 "semua orang, yang
    dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.
c. Gereja harus menjaga kesucian hidup (Flp 2:15)
d. Gereja harus hidup dengan kasih, dan membawa damai.
    Hakekat ajaran Kristus adalah Kasih, setiap orang yang penuh kasih pastilah membawa damai
    dimanapun ia berada.

3. Hakekat Gereja Menyatakan Kristus Dalam Dirinya.
 " Tidak diragukan lagi, rahasia ibadat kita sangat besar. Kristus ditunjukan kepada kita dalam bentuk manusia,  Roh membuktikan bahwa Dia benar, Ia telah dilihat oleh para malaikat. Kabar baik tentang Dia telah diberitakan kepada bangsa bangsa; orang orang didunia ini percaya kepadaNya; Ia telah diangkat ke sorga dalam kemulian (Alkitab -VMD)
1 Kor 3:16 "Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam didalam kamu?"
Ef 2:21 " Didalam Dia tubuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang Kudus, di dalam Tuhan"

Kristus sebagai kepala gereja, oleh karena itu gereja hendaknya  dapat mempresentasikan eksistensi/keberadaan Yesus didalam mereka. Sehingga melalui gereja maka dunia dapat mengenal karya Yesus dan kehendak Yesus.

Penutup.
Saya berharap sekiranya setelah kita mendengar kebenaran Firman Tuhan ini, kita diluruskan dalam memandang dan memaknai arti gereja. Saudara dan saya merupakan gereja yang sesungguhnya, oleh karena itu marilah kita memotifasi diri untuk terus mengalami pembaharuan dan pertumbuhan rohani sehinga dapat sungguh sungguh menjadi tiang penopang dan dasar kebenaran serta mempresentasikan Yesus dalam kehidupan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

masukan agar semakin hari bisa menyajikan lebih baik dan lebih bermanfaat