Kamis, 29 Maret 2018

Harga Menjadi Murid Yesus

Lukas 14:25-35

Pendahuluan
       Ada tiga Sekolah Menengah Atas di Indonesia yang terkenal berbayar mahal. Ketiga sekolah itu antara lain  : Pertama, SMA Pelita Harapan Lippo Cikarang, dimana biaya pertahunya para murid harus membayar $ 9.000 atau setara Rp 118 juta. Kedua, SMA Dwi Warna Bogor, yang mana setiap murid diwajibkan membayar uang gedung Rp 44 juta, sedangkan untuk sppnya Rp 5 juta perbulan. Dan yang ketiga adalah SMA Ciputra Surabaya, dimana setiapmuridnya diwajibkan membayar uang gedungnya Rp 40 juta, sedangkan uang sppnya Rp 4 juta setiap bulannya.
Dalam tulisannya Lukas juga menyampaikan kepada setiap orang percaya bahwa untuk menjadi murid Yesus juga harus membayar mahal.

1. Menjadi Murid Yesus Harus Membenci Keluarganya.
Mungkin sebagian orang tercengang ketika mambaca ayat ini. Untuk mengikuti dan menjadi murid Yesus, mereka diwajibkan untuk membenci bapaknya, ibunya, istrinya, anak anaknya dan saudaranya. Kessan yang muncul pertama mungkin akan mengangap Yesus kejam. Tetapi sebenarnya makna atau pesan yang terkandung dalam kalimat Yesus bukanlah membenci atau memusuhi keluarganya, melainkan setiap orang yang hendak menjadi murid Yesus harus menomorduakan keluarganya bahkan mereka harus mengabaikan nyawanya dan mengutamakan Yesus.
Sebab jika seseorang masih mengutamakan dirinya atau keluarganya maka mereka tidak akan totalitas dalam mengikuti Yesus.

2. Menjadi murid Yesus harus memiul Salib.
"Barang siapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi muridKu." (ayat 27) 
Sebagai seseorang yang mau mengikuti dan menjadi murid Yesus, maka mereka harus bersedia menjadi seperti Yesus, yakni hidup seperti Dia, dan jika perlu mati seperti Dia juga. Yesus telah lebih bdahulu memikul salib untuk menggantikan kita, oleh karena itu wajarlah bila Yesus mensyaratkan untuk menjadi muridNya, mereka diwajibkan untuk memikul salibNya. Makna dari memikul salib  disini yakni setiap orang percaya harus hidup dengan menyalibkan manusia lamanya. Diman dengan salib tersebut mereka telah disatukan dengan Kristus dalam kehidupan barunya.

3.. Menjadi Murid Yesus Harus segala Miliknya.
Demikian pulalah tiap-tiap orang diantara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi muridKu. (ayat 33).
Seseorang yang ingin menjadi murid Yesus maka mereka diweajibkan merelakan melepaskan segala miliknya. Bukan berarti kita sebagai orang percaya tidak boleh menjadi kaya atau memiliki materi yang melimpah. Tetapi yang dimaksudkan oleh Yesus disini yakni bilamana kita ingin menjadi murid Yesus, maka kita harus hidup bagi Kristus. Jangan sampai kta lebih mengutamakan mengejar materi dan menomor duakan Tuhan, tetapi Yesus menginginkan kita untuk mengutamakan Tuhan dan menomorduakan materi. Materi dipakai untuk memuliakan Tuhan, bukan materi dipakai untuk melupakan Tuhan.
Tetapi carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaranNya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.(Matius 6:33)

Penutup.
Untuk Menjadi murid Yesus kita diminta untuk membayar mahal, karena harus menomorsatukan Yesus (secara totalitas/ tidak setengah setengah/ tidak berfikir untung dan rugi) dalam hidup kita melebihi kita sendiri, keluarga, teman dan materi. untuk menjadi murid Yesus diwajibkan untuk senantiassa memikul salib.Bagaimana dengan saudara, siapkah untuk melakukan hal itu?
Tuhan memberkati kita yang mau dan bersedia menjadi muridNya secara totalitas dalam melakukan kehendak dan firmanNya dalam kehidupan sehari hari, Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

masukan agar semakin hari bisa menyajikan lebih baik dan lebih bermanfaat